Rabu, 20 Februari 2013

Kisah Inspiratif : Sandiaga S. Uno

SALAH SATU pemilik Grup Saratoga dan Grup Recapital, Sandiaga S. Uno, tak henti-hentinya memotivasi anak-anak muda untuk terjun total dan menyeriusi dunia bisnis. Sandiaga, yang berdasarkan versi Forbes 2010 adalah orang terkaya ke-27 di Indonesia dengan total kekayaan US$795 juta, ingin anak muda menjadikan dunia bisnis sebagai ladang pengabdian kepada bangsa.

“Anak muda harus berani, berani bermimpi, berani bertindak nyata, dan beran ambil bagian mewarnai kehidupan masyarakat,” ujar mantan ketua umum HIPMI tersebut.

Sandiaga mengatakan, dunia bisnis memang dunia yang tak selamanya lurus dan lempang. Beragam hambatan pasti ada. Kerikil-kerikil tajam pasti akan selalu hadir. Namun, justru saat itulah jiwa kewirausahaan seseorang diuji.

“Yang penting jangan menyerah. Itu yang membedakan seorang yang berjiwa kewirausahaan dengan orang yang tak punya jiwa kewirausahaan,” ujar inisiator gerakan Indonesia Setara tersebut.

Sandiaga sendiri juga merasakan pahitnya dunia bisnis. Saat memulai bisnis dengan mendirikan Recapital (perusahaan penasihat keuangan) pada 15 tahun silam, Sandiaga harus “berdarah-darah”. “Jangankan bermimpi untuk memiliki perusahaan sebesar ini, untuk membayar sewa kantor dan karyawan saja kami harus berjuang mati-matian,” tuturnya.

Bahkan, kata dia, pernah selama enam bulan dirinya sama sekali tidak mendapat order. “Di situlah mental diuji,” kata Sandiaga.

Pelan tapi pasti, bisnis Sandiaga kian mekar. Dari hanya punya tiga karyawan, kelompok bisnisnya kini sudah mempunyai 20.000 karyawan dan akan terus bertambah seiring berbagai ekspansi usaha yang dilakukan.

“Saya bermimpi, usaha yang dirintis teman-teman pengusaha muda akan sebesar dan bahkan melampaui usaha saya. Saya berbisnis dari hanya 3 karyawan di kantor yang sempit menjadi 20.000 karyawan di seluruh Indonesia. Saya yakin teman-teman bisa melampaui saya. Jangan dilihat dari sisi materinya, lihatlah ini sebagai ladang pengabdian dan ibadah,” kata Sandiaga.

Saat ini portofolio investasi Grup Saratoga telah tersebar di berbagai sektor bisnis, antara lain, bisnis energi lewat PT Adaro Energy Tbk, telekomunikasi lewat Tower Bersama Group dan iForte, perkebunan lewat Global Kalimantan Makmur, pengolahan ikan lewat Bonecom. Yang teranyar, Sandiaga baru saja saja masuk ke bisnis penerbangan dengan mengakuisisi Mandala Airlines.

Adapun lewat Grup Recapital, Sandiaga mempunyai jaringan bank, asuransi, perusahaan sekuritas, dan pengelola aset. Aksi korporasi terbaru grup ini adalah membeli PT Bank Eksekutif Tbk yang kini berubah nama menjadi Bank Pundi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar APAPUN yang menurut ANDA Baik namun tetap memperhatikan etika pergaulan dengan tidak mengandung SARA