Rabu, 20 Februari 2013

Kisah Inspiratif : Dahlan Iskan


Dahlan IskanDahlan memberikan kuliah umum dalam acara Seminar Nasional dan Expo Technopreneurship dengan tema ‘Be Technopreneur! To Get Your Future’ yang diadakan Politeknik Negeri Medan

Dalam kuliah umumnya, Dahlan mengatakan kepada 1.500 mahasiswa yang hadir, menjadi pengusaha tidak mungkin dipelajari. Menjadi pengusaha harus dijalankan.

“Apakah menjadi pengusaha itu bisa dipelajari? Tidak mungkin. Namun menjadi pengusaha itu harus dijalankan, itulah pelajaran berharga menjadi pengusaha,” kata Dahlan

Dahlan pun mengungkapkan, dirinya tidak setuju tentang anggapan pengusaha itu karena turunan, karena banyak orang menganggap banyak keturunan Tionghoa yang pintar dan tekun menjadi pengusaha.

“Namun yang sebenarnya bahwa menjadi pengusaha itu bisa ditularkan, seperti banyak warga Tionghoa, karena mereka setiap hari melihat orang tuanya memasarkan barang, melayani orang,” kata Dahlan.

Untuk menjadi pengusaha menurut mantan Dirut PLN ini harus dicoba, dipegang, lalu jatuh dan naik lagi, persis seperti orang belajar naik sepeda.

“Beliau juga melakukan dialog dengan sekitar 20 mahasiswa yang diundang ke panggung, menanyakan tentang Usahanya, berapa lama, sudah pernah gagal atau pun belum. Dalam kesempatan tersebut juga, Pak Dahlan memberikan bantuan langsung Rp 10 juta kepada seorang mahasiswi yang sangat gigih berusaha, namun kekurangan Modal”

Pertimbangan Dahlan memberikan bantuan modal adalah karena Dahlan melihat adanya kegigihan dalam diri mahasiswi tersebut. Mahasiswi itu bernama Rika Rangkuty dari jurusan Teknik Elektronika semester V.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar APAPUN yang menurut ANDA Baik namun tetap memperhatikan etika pergaulan dengan tidak mengandung SARA