Kiat Sukses
Pergaulan di Kantor
Hery Arianto
=====================
Trainer & Motivator
(Mantan Pegawai Bank BUMN)
Pegawai pada suatu perusahaan apapun
bentuknya merupakan individu-individu yang memiliki karakter berbeda-beda
dengan latar belakangnya masing-masing. Sifat dan watak yang berbeda tersebut
menjadi ragam warna berbeda yang saling berinteraksi dalam sebuah ruang kerja
dalam jangka waktu tertentu (selama jam kerja ± 9 – 12 jam). Interaksi tersebut
tentunya sangat mempengaruhi suasana kerja dan upaya-upaya pencapaian tujuan
perusahaan atau target perusahaan.
Pada perusahaan yang sudah cukup besar dan terbilang bonafide, interaksi
sesama pegawai telah diatur dan diberikan pedoman pada aturan perusahaan yang
lebih dikenal Code of Conduct ataupun Etika Kerja serta Budaya
Kerja. Perilaku pegawai oleh
pihak perusahaan telah diatur sedemikian rupa melalui pedoman yang disosialisasikan
dengan sangat baik kepada segenap pegawai dari berbagai jenjang jabatan.
Namun sifat Code of Conduct tersebut sangat universal. Diharapkan
segenap pegawai dapat melaksanakan standar pergaulan selama berinteraksi di
tempat kerja. Bagi Anda yang ingin menjadi pegawai di atas rata-rata pegawai
lain, maka Anda harus mampu menampilkan perilaku diatas standar perilaku yang
telah tertera di dalam Code of Conduct tersebut.
Beberapa sikap yang dapat menjadi Poin
Plus Anda di kantor, diantaranya sebagai berikut :
Pertama, Ketika melangkahkan kaki menuju kantor hendaknya
Anda tanamkan tekad secara bulat bahwa “Saya harus menjadi pribadi yang
menyenangkan bagi setiap orang”. Slogan ini atau slogan-slogan lain
yang menurut Anda akan memotivasi untuk menjadi pribadi sempurna akan sangat
membantu hari-hari selama berada di tempat kerja. Pentingnya memiliki kalimat motivasi dipagi
hari sebelum menuju tempat kerja akan membuat pekerjaan dan lingkungan kerja
terasa nyaman betapa berat beban pekerjaan.
Kedua, Sapalah terlebih dahulu orang yang Anda jumpai
ditempat kerja. Menyapa orang yang pertama kita jumpai di lingkungan kerja
seperti Petugas keamanan (Satpam) atau petugas cleaning service menjadikan kita
pribadi yang sangat dihargai dan dihormati oleh orang yang lebih rendah
jabatannya dari kita. Seorang Pemimpin/Atasan tidak mengurangi wibawanya apabila
terlebih dahulu menyapa dan memberi salam kepada bawahannya. Justru seorang
Atasan sebaiknya menjadi Role Model bagi bawahannya dalam
memberi Salam & Sapa di pagi hari sebelum memulai aktivitas kerja. Sapalah
kepada lebih banyak orang yang Anda jumpai sebelum Anda sampai di meja kerja
Anda. Niscaya hari itu kerja Anda akan menyenangkan.
Ketiga, Tawarkan bantuan kepada rekan kerja. Tidak setiap
waktu dan setiap hari beban pekerjaan kita sangat berat. Oleh karenanya di saat
luang dan kita tidak terlalu dikejar target waktu pekerjaan tidak ada salahnya
Anda menawarkan bantuan kepada rekan kerja untuk membantunya menyelesaikan
pekerjaannya, meski dengan mengerjakannya di rumah agar target waktu pekerjaan
rekan kerja dapat selesai tepat waktu. Bukankah pencapaian target perusahaan
juga dipengaruhi oleh kerja sama setiap pegawai sebagai sebuah Team Work.
Menjadi unggul dan terlalu menonjol di tempat kerja namun kurang peduli dengan
rekan kerja hanya akan menjadikan Anda Pribadi yang Berprestasi namun tidak
memiliki banyak kawan. Apakah itu yang Anda kehendaki ?.
Keempat, Mempunyai rasa ingin tahu atas perkembangan
perusahaan termasuk kebijakan-kebijakan terbaru dan arah bisnis yang telah
ditetapkan kantor pusat, akan menjadikan Anda pegawai dengan sikap profesional
yang tinggi dan wawasan yang mengglobal. Suatu saat akan memudahkan Anda
mencapai jenjang jabatan tertentu yang cukup tinggi karena pemahaman Anda
mengenai visi masa depan perusahaan. Anda akan mudah menjadi pembuat strategi
bisnis yang akan meningkatkan laba perusahaan atau minimal laba kantor cabang. Pegawai
visioner adalah pegawai yang memahami seluruh isi dapur perusahaannya.
Kelima, Menjalin relasi kepada sebanyak mungkin kolega di
luar perusahaan. Sebagai representasi dari perusahaan, tidak ada salahnya Anda
menjalin hubungan pertemanan dari kolega perusahaan baik perusahaan rekanan
maupun anak perusahaan. Sikap supel Anda secara tidak langsung mencerminkan
citra positif perusahaan dimata para pegawai perusahaan rekanan maupun anak
perusahaan. Kemampuan diplomasi pergaulan Anda menjadi nilai positif bagi
perusahaan dan kelak menjadi poin plus karier Anda. Atau bahkan memudahkan Anda
menjajaki karier di perusahaan lain dengan sallary yang lebih tinggi.
Kemauan keras untuk
menjadi pegawai di atas rata-rata dengan menampilkan kepribadian unggul yang
khas dan berkarakter akan mengantarkan kita semua menjadi Pegawai Berkualitas.
Pegawai berkualitas akan menjadikan dirinya tidak susah untuk berada di
perusahaan manapun dengan tingkat kesejahteraan yang Dia inginkan.
Keberadaannya akan sangat mewarnai tempat kerjanya. Ketidakhadirannya akan
menghampakan suasana kerja dimana dia bekerja.
Hery Arianto
(Trainer & Motivator)
=======================
HA Performa - Balikpapan
(Human Resource Development - Training Centre)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan Berkomentar APAPUN yang menurut ANDA Baik namun tetap memperhatikan etika pergaulan dengan tidak mengandung SARA